Program Studi Teknik Geologi

"Institut Teknologi Sumatera"

               

Profil Program Studi Teknik Geologi

Geologi adalah suatu ilmu yang mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan kebumian seperti, bentuk muka bumi, material penyusun bumi, berbagai jenis dan bentuk batuan, sifat fisika dan kimia, proses pembentukan dan sejarah bumi serta geologi terapan seperti Geologi Minyak dan Gas Bumi, Paleontologi, Geologi Teknik, Hidrogeologi, Geologi Tata Lingkungan, Geologi Tambang, dan lainnya. Teknik Geologi berperan sebagai wahana pengkajian dan pemanfaatan sumberdaya alam (mineral, energi, dan air) serta penerapan kerekayasaan, wisata, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana alam.

Program Studi Teknik Geologi ITERA didirikan atas dasar kebutuhan sarjana Teknik Geologi yang dapat berkontribusi pada pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Sumatera khususnya dan Indonesia. Kurikulum Program Sarjana Teknik Geologi ITERA dirancang sebagai suatu upaya pengembangan potensi peserta didik pada keilmuan teknik geologi. Sesuai dengan RENSTRA ITERA, kurikulum Program Studi Teknik Geologi berfokus pada pengembangan sistem atau sumber daya lokal Sumatera. Eksplorasi merupakan salah satu aspek dalam keilmuan geologi yang ada di Program Studi Teknik Geologi ITERA, sehingga dapat menjadi keunggulan yang dimililiki oleh Program Studi Teknik Geologi ITERA dalam mengembangkan potensi lokal Sumatera dan Indonesia.

 

Geologi Institut Teknologi Sumatera ITERA

Program Studi Teknik Geologi, Institut Teknologi Sumatera berperan dalam penyedian sumber daya manusia dengan latarbelakang keilmuan kebumian aplikatif untuk ekplorasi sumber daya alam di Indonesia.

Geologi Institut Teknologi Sumatera ITERA

Pemahaman secara detail mengenai konsep keilmuan geologi turut mengembangkan ketelitian, kedisiplinan, dan cara pikir sebagai peneliti muda.

Geologi Institut Teknologi Sumatera ITERA

Aktivitas observasi dan penelitian lapangan di Program Studi Teknik Geologi menunjang pemahaman keilmuan dan keterampilan perolehan, pengolahan, dan interpretasi data geologi secara mandiri dan kelompok.

Kurikulum Teknik Geologi Institut Teknologi Sumatera, bertujuan:

“Menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi positif pada masyarakat dalam keilmuan, keprofesian, dan perkembangan Geologi bangsa serta mampu berkiprah pada tingkat lokal, nasional, dan internasional”

Kurikulum Program Studi Teknik Geologi, Institut Teknologi Sumatera memiliki sasaran utama:

  1. Memiliki integritas, kedisiplinan, rasa saling menghargai, keadilan, dan bertanggung jawab.
  2. Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keahliannya dalam berbagai lini keprofesian Teknik Geologi, serta dapat beradaptasi sesuai perkembangan di lingkungan karirnya.
  3. Mampu berkomunikasi secara efektif, bekerja dalam tim, kreatif dan inovatif serta mau dan mampu belajar sepanjang hayat.

VISI PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA:

Mengembangkan ilmu pengetahuan, dan kemampuanm di bidang kebumian dalam memahami perubahan di bumi dan membantu menyelesaikan masalah sumber daya alam, serta tantangan perubahan bumi sebagai persiapan menghadapi perubahan dunia yang lebih maju.

MISI PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA:

  1. Memberikan ilmu pengetahuan dasar tentang kebumian, sumber daya alamnya, dan proses yang merubahnya secara efektif
  2. Melatih mahasiswa sebagai pemimpin masa depan, dan mengedukasi masyarakat awam tentang ilmu-ilmu kebumian yang berguna dalam kehidupan sehari-hari
  3. Memadukan, mensinkronkan, dan menerapkan pengetahuan saintifik dan teknik dalam mengatasi masalah seperti, penggunaan berkelanjutan dari energi, makanan, dan air; identifikasi dan penanggulangan dari resiko bencana alam; dampak aktivitas manusia terhadap iklim dan lingkungan.

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)