Organisasi Mahasiswa

HMGL Avanindra

Institut Teknologi Sumatera

Teknik Geologi merupakan salah satu program studi yang terdapat di Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Mahasiswa Teknik Geologi sadar akan perlu adanya suatu sarana untuk menyalurkan aspirasi, mengembangkan kemampuan diri secara soft skill maupun hard skill, dan mengembangkan minat dan bakat para mahasiswa dalam akademik maupun non-akademik, maka dibentuklah suatu Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi yang bernama Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Avanindra Institut Teknologi Sumatera (HMGL Avanindra ITERA).

HMGL Avanindra ITERA dibentuk pada tanggal 16 Agustus 2017, jadi tahun 2019 merupakan dies natalis kedua untuk himpunan ini. HMGL Avanindra ITERA beralamat di Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Lampung (35365).

Setiap organisasi pasti memiliki tujuan dan fungsi, begitu juga dengan HMGL Avanindra ITERA. Tujuan dari HMGL Avanindra ITERA adalah membentuk Mahasiswa Teknik Geologi yang kreatif, berkualitas, berkarakter, dan profesionalisme keilmuan serta mandiri melalui perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kemudian fungsi dari HMGL Avanindra ITERA adalah Sebagai sarana untuk menyalurkan dan mewujudkan aspirasi anggota himpunan, sebagai wahana dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan, pengembangan minat dan bakat, pengabdian kepada masyarakat serta berupaya untuk memperbaiki kesejahteraan mahasiswa, mengangkat harkat dan martabat almamater, dan sebagai wadah untuk menumbuhkan dan meningkatkan profesionalisme Mahasiswa Teknik Geologi dalam kehidupan ilmiah dan bermasyarakat.

Sistem kepengurusan HMGL Avanindra ITERA terdiri dari Dewan Pengawas Organisasi, Badan Pengurus Harian, dan 7 departemen. Badan Pengurus Harian terdiri dari Ketua Himpunan, Sekretaris Jendral, Sekretaris, dan Bendahara. Selain itu terdapat 7 departemen yang memiliki peran penting, 7 departemen tersebut adalah Departemen Keagamaan, Departemen PSDM, Departemen Minat dan Bakat, Departemen Akademik, Departemen Ekonomi dan Bisnis, Departemen Hubungan Masyarakat, dan Departemen Teknologi Informasi dan Multimedia.