Program Studi Teknik Geologi

Program Studi Teknik Geologi ITERA didirikan atas dasar kebutuhan sarjana Teknik Geologi yang dapat berkontribusi pada pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Sumatera khususnya dan Indonesia. Kurikulum Program Sarjana Teknik Geologi ITERA dirancang sebagai suatu upaya pengembangan potensi peserta didik pada keilmuan teknik geologi. Sesuai dengan RENSTRA ITERA, kurikulum Program Studi Teknik Geologi berfokus pada pengembangan sistem atau sumber daya lokal Sumatera. Eksplorasi merupakan salah satu aspek dalam keilmuan geologi yang ada di Program Studi Teknik Geologi ITERA, sehingga dapat menjadi keunggulan yang dimililiki oleh Program Studi Teknik Geologi ITERA dalam mengembangkan potensi lokal Sumatera.

Geologi adalah suatu ilmu yang mempelajari dan mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan kebumian seperti, bentuk muka bumi, material penyusun bumi, berbagai jenis dan bentuk batuan, sifat fisika dan kimia, proses pembentukan dan sejarah bumi serta geologi terapan seperti Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geothermal, Geologi Teknik, Hidrogeologi, Geologi Tata Lingkungan, Geologi Tambang, dan lain-lain. Teknik Geologi berperan sebagai wahana pengkajian dan pemanfaatan sumberdaya alam (mineral, energi, dan air) serta penerapan kerekayasaan, Lingkungan hidup, dan mitigasi bencana alam.

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berkedudukan di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, yang ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Ke-6 Bapak Dr. H. Susilo Babang Yudhoyono pada tanggal 6 Oktober 2014. Lokasi kampus yang strategis dan didukung dengan lahan yang luas serta kerjasama yang terjalin dengan ITB (Institut Teknologi Bandung) untuk meningkatkan sistem serta kualitas pendidikan, akan menjadikan ITERA sebagai PTN yang unggul.