MITIGASI BENCANA LONGSOR KAWASAN BANDAR LAMPUNG

rx online

LATAR BELAKANG

Bencana alam sebagai salah satu fenomena alam yang dapat terjadi setiap saat, dimanapun dan kapanpun sehingga dapat menimbulkan kerugian material dan imaterial bagi kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah bencana tanah longsor yang sering mengakibatkan kerugian harta benda maupun korban jiwa dan menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana lainnya yang bisa berdampak pada kondisi ekonomi dan social. Untuk menghindari jatuhnya korban yang lebih besar dan banyak akibat bahaya tanah longsor, diperlukan upaya-upaya yang mengarah kepada tindakan meminimalisir akibat yang akan ditimbulkan.

Peta Daerah Penelitian

Peta Kawasan Observasi Derah Rawan Longsor

Lokasi penelitian ini terfokus pada beberapa titik di daerah Bandar Lampung (Lihat : https://maphub.net/smiagiitera/map). Alasan kami memilih daerah ini adalah karena kami cukup resah sebagai geologyst terhadap becana longsor. Harapannya, dengan ide yang kami buat masyarakat mendapatkan informasi yang jelas terkait bahaya bencana longsor itu sendiri. Sehingga nantinya dapat mencegah dan meminimalisir adanya korban jiwa.

Peta Kemiringan Lereng

Kecuraman lereng (Terjal-Landai) semuanya akan mempengaruhi besarnya erosi dan aliran permukaan. Daerah Barat Daya Bandar Lampung (warna merah) lebih dominan terjal sehingga rawan terhadap longsor.

PENUTUP

Dengan ide yang kami buat harapannya dapat memberikan edukasi bencana longsor agar dapat mengurangi dan mencegah bahaya yang terjadi. Dan juga harapannya ide ini menjadi pendorong ide-ide lain untuk muncul agar nantinya negara Indonesia menjadi negara yang siap tanggap terhadap bencana alam.